top
   
 
Wawasan Kebangsaan dalam Kesadaran akan Nilai-Nilai Luhur Budaya Bangsa

KUPANG-SI. Komandan Kodim 1604/Kupang Letkol Inf. Endarwan Yansori menjadi salah satu narasumber materi wawasan kebangsaan dalam rangka menumbuhkembangkan kesadaran para siswa pada nilai-nilai luhur budaya bangsa di SMAN 1 Kota Kupang. Jumat (21/04/2017).

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Kupang bertempat di SMA N 1 Kota Kupang dengan melibatkan peserta 100 orang siswa/siswi. Adapun narasumber yang turut hadir ; Kaban Kesbangpol Kota Kupang Bapak Erwan A. Fanggidae, SH,.M.Hum, Dandim 1604/Kupang Letkol Inf. Endarwan Yansori, Dekan FKIP Undana Dr. Petrus LY, dan Pembantu Dekan Bidang Akademi FH-Undana, Drs. Deddy R. Cb. Manafe, SH,.M.Hum, didampingi oleh kepala sekolah SMA N 1 Kota Kupang, Drs. Bapa Muda.

Dalam kesempatan tersebut Yansori menyampaikan, bahwa Bela Negara bukan berarti pasti akan selalu angkat senjata untuk berperang, akan tetapi yang dimaksud adalah bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara dalam segala aspek. Karena dalam rangka mencapai tujuan Nasional yang tertuang dalam UUD 1945 untuk mewujudkan cita cita sebagai negara yang merdeka, berdaulat, adil dan makmur harus didukung dengan adanya kesadaran bela negara oleh setiap warga negara.
Lebih lanjut Yansori menjelaskan, bahwa; Bela negara bukan berarti wajib militer seperti yang sudah diberlakukan dibeberapa negara negara maju lainnya, tetapi negara kita ini harus dijaga dan dibela, karena tidak ada jaminan bahwa negara kita akan ada selamanya tanpa harus mengantisipasi segala bentuk ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan baik yang datang dari dalam maupun luar negeri. Oleh karena itu semua komponen bangsa terlibat didalamnya untuk mewujudkan sistem keamanan nasional yang integratif melalui peningkatan kesadaran sikap dan prilaku dalam Bela Negara.

Kita berharap para siswa sebagai bagian terbesar generasi muda Indonesia yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan dan pengelolaan negara dan bangsa ini di masa yang akan datang, harus memiliki sikap dan prilaku yang cinta dengan tanah airnya, memiliki kesadaran yang tinggi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, meyakini dan mengamalkan ideologi Pancasila sebagai dasar negara, rela berkorban demi nusa dan bangsa serta memiliki kemampuan dasar dalam upaya bela negara. Dalam membangun karakter generasi muda harus memiliki orintasi jauh kedepan untuk mewujudkan negara yang kuat dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan negara serta jaminan keselamatan bagi seluruh bangsa Indonesia disertai dengan pemeliharaan budaya dan kearifan lokal dengan tidak mengabaikan kebhinekaan yang diikat dalam bingkai persatuan dan kesatuan bangsa, ujar Yansori.

Dalam menciptakan semangat bela negara diharapkan para generasi muda memiliki pemahaman dan wawasan kebangsaan dengan 4 konsensus dasar, yaitu; Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI yang diterapkan dalam segala aspek kehidupan sehingga akan mewujudkan jati diri bangsa yang kuat, bertanggungjawab serta memiliki partisipasi dalam pengembangan sikap dan prilaku Bela Negara.

Pada akhir kesempatan, Dandim memberikan himbauan kepada para siswa agar tetap patuh dan hormat kepada orang tua dan para guru, hindari tauran, pergaulan bebas, narkoba dan kriminalitas lainnya. Waspadai pengaruh kelompok radikal baik radikal kanan, radikal kiri maupun radikal lainnya. Jaga pola pikir para siswa bahwa Ideologi pancasila sejalan dengan ajaran agama yang ada di Indonesia, akan tetapi ideologi komunislah yang bertetangan dengan agama dan Ideologi Pancasila. Jaga dan pelihara Kota Kupang sebagai Kota kasih yang menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama, jangan mudah terprovokasi dan terhasut, harus saling menghargai, tenggang rasa dan hormat menghormati antar pemeluk agama. Jaga kedisiplinan, belajar yang tekun serta raih cita cita setinggi tingginya. (Pur)

Berita terkait
Kategori : Seputar Kupang, Tanggal Post : Tue, 09 May 2017 23:47:57 PM, Kontributor : TIM, Dibaca : 632 Kali.
Tinggalkan Komentar :
Komentar yang masuk untuk berita ini [ 0 ]
Isi komentar anda :
Nama :
e-Mail :
Website : http:// (Opsional)
Komentar anda :
Maksimal 200 karakter
Kode Security :
Reload Image
Ulangi kode diatas