top
   
 
Imigrasi Kupang Gelar Sosialisasi Untuk Cegah TKI Ilegal

Kota Kupang-SI. Dalam upaya mencegah pengiriman calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal atau tidak sesuai prosedur ke luar Negeri yang merupakan bentuk Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), maka Jajaran Kantor Imigrasi Kelas 1 Kupang melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Sosialisasi dalam bentuk pembagian brosur dilakukan di Bundaran Eltari kepada masyarakat yang melintas, sedangkan pemasangan spanduk dilakukan di Pelabuhan Tenau dan Bandar Udara Eltari Kupang bertuliskan “stop TKI Ilegal/Non Prosedural”, Senin (05/06/2017).

Dalam brosur stop TKI Ilegal/Non Prosedural tersebut berisi persyaratan formal bagi warga Negara Indonesia yang akan mengurus dokumen perjalanan Republik Indonesia sebagai Tenaga Kerja Indonesia sebagaimana diatur dalam Undang-Undang No.6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian dan Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 8 Tahun 2014 Tentang Paspor Biasa Dan Surat Perjalanan Laksana Paspor.

Persyaratan mengurus paspor sesuai aturan yang berlaku untuk TKI seperti kartu tanda penduduk (KTP) masih berlaku, kartu keluarga, akta kelahiran, akta nikah, juga surat permohonan pembuatan paspor diterbitkan oleh Dinas Tenaga Kerja provinsi atau kabupaten/kota setempat.

Menurut Kepala Imigrasi Kelas 1 Kupang Herfi Adli, melalui Kasi Insarkom Kamaludin Nur, SH kepada suryakupang.com mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan mengajak masyarakat bersinergi bersama pemerintah mencegah pengiriman TKI ilegal/non prosedural sekaligus menghimbau masyarakat jangan jadi korban tindak pidana perdagangan orang di wilayah Nusa Tenggara Timur.

“ Melihat kejadian TKI ilegal banyak terjadi di NTT, maka kita berkomitmen untuk mencegahnya dengan langsung turun sosialisasi dimasyarakat” ujar dia

Untuk diketahui bahwa data dari Balai Pelayanan Penempatan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) yang dikutip dari suaraflobamora.com sejak Januari hingga Februari 2017 telah terdapat 35 kasus TKI ilegal, dengan 28 TKI meninggal dunia di Malaysia . (Ayub Ndun)

Kategori : Seputar Kupang, Tanggal Post : Thu, 08 Jun 2017 18:26:06 PM, Kontributor : TIM, Dibaca : 520 Kali.
Tinggalkan Komentar :
Komentar yang masuk untuk berita ini [ 0 ]
Isi komentar anda :
Nama :
e-Mail :
Website : http:// (Opsional)
Komentar anda :
Maksimal 200 karakter
Kode Security :
Reload Image
Ulangi kode diatas