top
   
 
Wujudkan Gerakan Ketahanan Pangan, Kodim 1601/Sumba Timur Jadi Garda Terdepan Kreatifator Percontohan Swadaya Penyebaran Bibit Ikan

WAINGAPU-SI. Ditengah-tengah kesibukan penanganan dan pencegahan wabah suspeck virus Corona, Covid-19 secara nasional diwilayah Kabupaten Sumba Timur ada hal mendasar dalam menjaga kestabilan kebutuhan pokok masyarakat yang perlu disikapi serius untuk memperkokoh sektor utama dibidang Idiologi, Politik, Ekonomi, Sosial, Budaya, Pertahanan dan Keamanan (Ipoleksosbud Hankam).

Pergerakan seimbang yang saat ini dibangun pemerintah daerah Sumba Timur dan Instansi instansi pemerintahan terkait, harus terprogram dengan baik.

Wujud lain yang diprakarsai adalah dengan membangun ketahan pangan yang kuat. Motor kreatifator Kodim 1601/Sumba Timur pimpinan Dandim Letkol Inf Johan.A.P Marpaung,S.Ip ditengah kesibukannya bersama staf dan jajarannya melaksanakan percontohan penyebaran ribuan bibit ikan ditempat-tempat khusus kolam ikan yang disiapkan baik di halaman perkantoran, perumahan prajurit  Makodim maupun Koramil beserta jajarannya.

Pada, Kamis, (16/04/2020), Kapten Inf Samiun selaku Pasi Ter Kodim 1601/Sumba Timur mengelar acara sederhana yang dilakukan secara simbolis pelepasan bibit ikan yang berlokasi di area kolam ikan kantor Makodim 1601/ST. Jalan Ir.Sukarno No 11. Kelurahan Hambala Kecamatan Kota Waingapu Kabupaten Sumba Timur. Acara ini dihadiri Komandan Kodim 1601/ST, Johan A.P Marpaung, S.Ip.

Dalam himbauannya Johan A.P Marpaung dihadapan seluruh anggotanya mengintruksikan dan mengajak untuk menciptakan kesadaran membuat pembudidayaan bibit ikan secara swadaya yang hasilnya dapat membantu prekonomian keluarga dan anggota khususnya.

“Manfaatkan lahan kosong yang ada di halaman kantor dan halaman rumah prajurit, lakukan budidaya ini dengan membuat kolam ikan, kandang ternak serta kebun sayur atau apotik hidup. Secara mandiri dulu dilakukan, pasti dirasakan hasilnya, bila dikerjakan dengan tekun dan kerja keras”. Ajak Dandim Sumba Timur

Sementara itu Kapten Inf Samiun selaku Pasi Ter Kodim 1601/Sumba Timur mendukung serta  mengapresiasi himbauan ini untuk dapat dilakukan oleh para prajurit lingkup Kodim 1601/ST.

“Ajakan komandan seperti yang dicontohkan merupakan wujud terciptanya ketahanan pangan yang kuat. Kegiatan ini diharapkan dapat merangsang masyarakat untuk bisa ambil bagian dalam kegiatan menciptakan sumber pekerjaan mandiri di sektor pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan. Tidak disadari, terbentuklah ketahanan pangan yang kuat”. Ujar Samiun selaku Pasi Ter Kodim 1601/S.T.

Rencana kedepan dan selanjutnya akan dikoordinasikan ke pihak Pemda Sumba Timur,  instansi pemerintah dan instansi swasta terkait, untuk ambil bagian dalam membantu menyediakan program-program serta rancangan yang lebih besar. Hal ini sesuai intruksi Presiden untuk mewujudkan ketahanan pangan yang kuat demi menciptakan masyarakat yang sehat dan sejahtera. (tim)

Kategori : MILITER, Tanggal Post : Sat, 25 Apr 2020 13:02:07 PM, Kontributor : TIM, Dibaca : 48 Kali.
Tinggalkan Komentar :
Komentar yang masuk untuk berita ini [ 0 ]
Isi komentar anda :
Nama :
e-Mail :
Website : http:// (Opsional)
Komentar anda :
Maksimal 200 karakter
Kode Security :
Reload Image
Ulangi kode diatas