top
   
 
KEJAHATAN KORUPSI DALAM BISNIS

Atambua-SI. Kejahatan Koropsi  dalam hubungannya dengan praktek bisnis. Hal ini akan mengambarkan soal perbuatan korupsi yang dapat dilakukan oleh setiap pelaku bisnis dalam praktek bisnis secara terencana dengan modus yang beragam.Demikian dikatakan, pemuda Kabupaten Belu , Herlison Tae Asa,S.E kepada wartawan di atambua, Privinsi Nusa Tenggara Timur.

Herlison mengatakan, modus operandi korupsi dalam praktek bisnis yang dilakukan para pelaku bisnis dalam birokrasi ditingkat  kabupaten, kota dan provinsi antara lain yakni , modus operandinya berhubungan dengan lembaga pemerintah atau birokrasi dan para pelaku bisnis yang berkaitan dengan poyek jasa konstruksi/pembangunan,pengadaan barang dan jasa dalam bentuk komisi dan lain sebagainya, terjadi mark up harga barang, dan pengadaan barang-barang asli tetapi palsu.Proyek –proyek yang menyimpang dari praktek serta pengadaan barang fiktif

Selain itu, ada Badan Usaha milik Daerah (BUMD) dan Badan Usaha Milik Negara  (BUMN) yakni, misalnya inpor beras  atau gula oleh bulog melalui perusahaan yang menggunakan dokumen palsu, manipulasi pajak pada dinas pendapatan daerah  dan lain-lain.Herson pun menyebutkan, koperasi, korupsi yang terjadi dilingkungan KUD dan  Kredit Usaha Tani (KUT) dengan modus pembiayaan ongkos fiktif, penyelewengan dan fee, pemalsuan dalam neraca, pemalsuan kuitansi faktur pembelian, dan uang simpan asal uang kredit yang dibagikan untuk kepentingan pribadi.


Lebih lanjut Herlison mengatakan, korupsi yang dilakukan dilingkungan dinas-dinas dengan modus manipulasi pembangunan gedung sekolah dengan laporan pekerjaan fiktif, korupsi reboisasi kehutanan dengan berita acara pekerjaan palsu dan surat perintah  jalan fiktif. Dengan melihat kenyataan ini, maka sangat diperlukan suatu bentuk aktifitas penanggulangan korupsi yang tepat guna, sehingga dapat cernah dan dilihat oleh  seluruh rakyat sebgai entry point atau pintu masuk bahwa para penyelengara Negara khususnya aparat penegak hokum benar-benar serius menanggulangi koruspi terhadap semua unsur.


Korupsi  sekarang di jaman reformasi tumbuh seperti jamur di seluruh pelosok tanah air, dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten, kota dan provinsi , tetapi bagaimana caranya untuk bisa membuktinya oleh aparat penegak hokum dari tingkat kepolisian, kejaksaan dan hakim sebagai pengambil vonis. “kata Herlison.


Korupsi menurut Herlison, korupsi itu terjadi karena ada kepentingan pribadi dan mengorbankan kepentingan masyarakat, yakni ada niat untuk memperkaya diri sendiri, atau orang lain dan kesejahteraan masyarakat dikesampingkan.


Korupsi dijaman moderen, dimana orang melihat kepentingan pribadi dari pada kepentingan umum. Dan  ada korupsi posetif yakni korupsi yang tidak melanggar hokum. Misalnya , korupsi waktu,kita korban waktu untuk kepentingan banyak orang. Dan korupsi negatif adalah korupsi yang melanggar hokum  yakni korupsi yang dilakukan untuk kepentingan pribadi serta mengorbankan kepentingan umum” terang Herlison.(agustinus bobe).


Kategori : Kriminal, Tanggal Post : Mon, 23 Aug 2010 20:43:23 PM, Kontributor : agustinus bobe, Dibaca : 1911 Kali.
Tinggalkan Komentar :
Komentar yang masuk untuk berita ini [ 0 ]
Isi komentar anda :
Nama :
e-Mail :
Website : http:// (Opsional)
Komentar anda :
Maksimal 200 karakter
Kode Security :
Reload Image
Ulangi kode diatas