top
   
 
Ribuan Warga Sikka Terancam Rawan Pangan

Sikka-SI. Ribuan warga Pulau Palue, sekitar tiga mil laut Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) dilaporkan terancam rawan pangan, akibat letusan gunung api Rokatenda pada Sabtu (2/2) malam.

"Saat ini, warga Pulau Palue terancam rawan pangan. Semua tanaman pertanian seperti jagung, pisang dan ubi-ubian rusak karena disirami abu vulkanik yang dilontarkan dari Gunung Rokatenda," kata Wakil Bupati Sikka, Damianus Wera, Kamis.

Dia mengatakan, dalam beberapa bulan ke depan, pemerintah harus tetap menyiapkan bantuan kemanusiaan, baik berupa pangan maupun bantuan air bersih bagi sekitar 12 ribu penduduk Pulau Palue.

"Saya baru saja kembali dari Pulau Palue untuk melihat langsung kondisi warga di lereng Gunung Rokatenda. Satu hal yang menjadi ancaman serius yakni masalah ketersediaan pangan hingga musim tanam 2013-2014, karena warga pulau itu sudah pasti mengalami gagal panen," katanya.

Dia mengatakan, pemerintah akan membahas persoalan yang akan dihadapi warga ini secara serius karena keterlambatan penanganan terhadap masalah di Palue bisa menimbulkan efek yang kurang menguntungkan.

Damianus mengatakan, akan segera melakukan koordinasi dengan dinas kemakmuran untuk memantau kondisi di lapangan dan kemungkinan pemberian bantuan bibit bagi warga untuk memanfaatkan sisa hujan yang ada.

"Kalau memang, para petani masih bisa memanfaatkan sisa hujan maka pemerintah akan membantu bibit," katanya.

Gunung Rokatenda di Pulau Palue, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, pada Sabtu (2/2) pukul 23.36 WITA meletus lagi dan menyebarkan abu vulkanik ke sebagian besar wilayah di Pulau Flores.

Letusan Gunung Api itu menyemburkan abu vulkanik antara 3.000-4.000 meter dari permukaan laut dan mengguyur wilayah di empat kabupaten di Pulau Flores mulai dari Maumere, Ende, Nagekeo hingga Kabupaten Ngada.

Gunung Api Rokatenda sempat meletus pada tanggal 8 Oktober 2012 pukul 19.46 WITA.

Gunung Rokatenda atau juga disebut Gunung Paluweh adalah sebuah gunung api yang terletak di Pulau Palue, sebelah utara Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.

Kategori : Flores, Tanggal Post : Fri, 08 Feb 2013 14:49:18 PM, Kontributor : Tim, Dibaca : 2557 Kali.
Tinggalkan Komentar :
Komentar yang masuk untuk berita ini [ 0 ]
Isi komentar anda :
Nama :
e-Mail :
Website : http:// (Opsional)
Komentar anda :
Maksimal 200 karakter
Kode Security :
Reload Image
Ulangi kode diatas