top
   
 
Peserta Yacht Rally Meriahkan Sail Komodo 2013

Labuan Bajo–SI. Total peserta Yacht Rally Sail Komodo 2013 mencapai 141 kapal dari 22 negara dan bergabung bersama untuk memeriahkan Puncak Acara Sail Komodo di pantai Pede, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.

Demikian disampaikan oleh Direktur Penanganan Pelanggaran, Ditjen PSDKP, Kementerian Kelautan dan Perikanan Drs. Lapis Silalahi, MM pada jumpa pers di Media Center Sail Komodo 2013 (13/9). Hadir juga Helen Delima (operator Ambon-Darwin Race) dan Fazam Fadlil (operator Sail Indonesia).

Para yachter berasal dari negara Australia, Perancis, Malta, Afrika Selatan, Belanda, Inggris, Jerman, Amerika, Austria, Selandia Baru, Ceko, Jepang, Caymand Island, Swiss, Swedia, Finlandia, Irlandia, Fort de France, Kanada, Denmark,Hongkong dan Korea Selatan.

Peserta Yacht Rally masuk ke wilayah Indonesia melalui pintu masuk Kupang (69 kapal), Ambon (23 kapal), Saumlaki (18 kapal), Tarakan (22 kapal) dan Tahuna (9 kapal).

Lapis menambahkan, Yacht Rally ditujukan memperkenalkan potensi pariwisata bahari di kawasan Labuan Bajo, diantaranya komodo yang menjadi salah satu keajaiban dunia yang baru (New Seven Wonders).

Selain itu, Pemerintah Indonesia mendorong laju pertumbuhan ekonomi masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui penyelenggaraan Sail Komodo 2013.

Lapis berharap NTT dapat dikenal oleh negara-negara lain di dunia. Supaya pariwisata di provinisi ini maju dan berdampak postif terhadap sektor usaha yang lain seperti perhotelan, perdagangan, perikanan, serta pertanian.

Pelaksanaan Yacht Rally Sail Komodo 2013 melibatkan tiga operator, operator Sail Indonesia, operator Ambon-Darwin Race dan operator Back to Down Under Rally.

Para operator bertindak sebagai penanggungjawab para yachter untuk masuk ke Indonesia, termasuk penjaminan kepabeanan untuk proses Pemberitahuan Ekspor Barang dan Pemberitahuan Impor Barang serta CIQP (Custom, Immigration, Quarantine, Port).

Diharapkan melalui Yacht Rally, masyarakat pelaku pariwisata di Labuan Bajo dapat menangkap peluang ekonomi dan promosi selama Sail Komodo 2013.(lm)

Kategori : Flores, Tanggal Post : Wed, 13 Nov 2013 13:30:49 PM, Kontributor : TIM, Dibaca : 1095 Kali.
Tinggalkan Komentar :
Komentar yang masuk untuk berita ini [ 0 ]
Isi komentar anda :
Nama :
e-Mail :
Website : http:// (Opsional)
Komentar anda :
Maksimal 200 karakter
Kode Security :
Reload Image
Ulangi kode diatas