top
   
 
Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko. M.D.A : Kebersamaan Dan Toleransi Perkokoh Persatuan Kesatuan Bangsa

Kupang-SI. Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko. M.D.A., didampingi sejumlah pejabat Kodam IX/Udayana melaksanakan Silahturahmi dan Safari Ramadhan bersama Forkopimda Provinsi Nusa Tenggara Timur, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat beserta Prajurit, Pegawai Negeri Sipil dan Keluarga Besar TNI di wilayah Kupang, Jumat (24/06/2016) bertempat di Makorem 161/Wira Sakti.

Dalam sambutannya Pangdam IX/Udayana menyatakan apresiasi tingginya terhadap seluruh masyarakat Nusa Tenggara Timur yang mampu menjaga toleransi antar umat beragama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kebersamaan dan toleransi yang terjalin dari berbagai perbedaan yang ada baik itu terkait suku, agama, ras, antar golongan di Nusa Tenggara Timur  telah terbukti menjadi sebuah kekuatan yang mampu memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Dihadapkan pada kharakteristik yang dimiliki Provinsi Nusa Tenggara Timur dimana terdiri banyak suku dan budaya menjadi sebuah kekayaan bangsa yang luar biasa yang didukung dengan sikap toleransi beragama yang tinggi yang dapat menjadi teladan bagi penerapan kehidupan beragama di Indonesia. Hal ini juga diperkuat oleh dukungan pemerintah dan seluruh elemen masyarakat dalam menjalankan kebebasan beragama dan menjalankan ibadah sehingga Nusa Tenggara Timur layak mendapatkan apresiasi dari sebagai Provinsi dengan toleransi kehidupan beragamanya yang sangat baik.

Pangdam IX/Udayana mengharapkan kondisi yang sudah berjalan kondusif ini tetap dijaga dan dipelihara serta meminta masyarakat, pemerintah, TNI, Polri harus saling bersinergi menumbuhkan semangat gotong royong sesuai nilai-nilai falasafah bangsa kita Pancasila dalam mewujudkan pembangunan bangsa, sekaligus juga mengajak semua elemen masyarakat memperkokoh ikatan persaudaraan dalam kehidupan antar umat beragama seraya mewaspadai dampak negatif perkembangan global terutama perkembangan teknologi dan informasi.

Sementara sebelumnya Ketua MUI Nusa Tenggara Timur Drs. Abdul Kadir Mukarim dalam Tausiyahnya mengatakan Provinsi Nusa Tenggara Timur  mampu menjaga kerukunan antar umat beragama, sehingga penghargaan yang didapat sangatlah layak dan perlu mendapatkan dukungan dari pemerintah dan seluruh elemen masyarakat.

Menurutnya kharakteristik Nusa Tenggara Timur berbeda dengan daerah lainnya, masyarakat NTT tidak mudah terpengaruh oleh berbagai situasi dan kondisi yang mendiskriminasikan kehidupan beragama, tetapi tetap pada suatu pendirian untuk menjaga persatuan dan kesatuan  sebagai landasan dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Terpisah, Danrem 161/Wira Sakti, Brigjen TNI Heri Wiranto, S.E.,M.M., selaku tuan rumah penyelenggaran acara ini, menyampaikan ucapan terima kasihnya terhadap Pangdam IX/Udayana dan kepada seluruh undangan yang sudah berkenan untuk menghadiri kegiatan ini.

Menurut Danrem 161/Wira Sakti yang sudah setahun mengabdi di Bumi Flobamora ini, kegiatan seperti ini merupakan suatu momentum yang sangat baik bagi kita semua untuk meningkatkan kebersamaan dan toleransi kehidupan beragama yang sudah berjalan baik utamanya untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Sejumlah undangan hadir pada acara tersebut antara lain, Gubernur diwakili Asisten, Kapolda NTT Brigjen Pol E. Widyo Sunaryo, Danlantamal VII Kupang Brigjen (Mar) Siswoyo Hadi Santoso, Ketua Sinode GMIT NTT Pendeta DR. Mery Kolimon,  Kabinda NTT Daeng Rosada, Kajati NTT Jhon W. Purba dan Tokoh lainnya seperti para Rohaniawan semua agama serta Pimpinan Insan Pers.

Usai buka puasa bersama, Pangdam IX/Udayana didampingi Ibu Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD IX Udayana memberikan tali asih kepada anak-anak yatim piatu sebanyak 100 orang yang berasal dari dari Yayasan Attin Namosain sebanyak 65 orang serta Yayasan Aisiyah Muhamadiyah Kupang kejumlah 35 orang.  (tim)

Kategori : Seputar Kupang, Tanggal Post : Sun, 26 Jun 2016 14:16:19 PM, Kontributor : TIM, Dibaca : 1147 Kali.
Tinggalkan Komentar :
Komentar yang masuk untuk berita ini [ 0 ]
Isi komentar anda :
Nama :
e-Mail :
Website : http:// (Opsional)
Komentar anda :
Maksimal 200 karakter
Kode Security :
Reload Image
Ulangi kode diatas