top
   
 
Melia Hotels International, Fokus Sebagai Pengelola Hotel

Jakarta-SI. Melia Hotels International mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham, yang dipimpin oleh pendiri sekaligus Chairman perusahaan, Gabriel Escarrer Julia, yang juga menggunakan kesempatan perayaan hari jadi perusahaan ke-60 pada tahun ini untuk menuturkan visi perusahaan di masa lalu, sekarang, dan masa mendatang.

Escarrer bercerita mengawali bisnis ini dengan menyewa sebuah hotel kecil di Palma de Mallorca pada saat usianya 21 tahun. Kemudian Escarrer menegaskan peran Melia Hotels International dalam sejarah pariwisata internasional selama enam dekade terakhir, dan secara khusus berterima kasih kepada para pemegang saham Melia Hotels International atas dukungan mereka dalam satu tahun ini yang juga menandai peringatan IPO perusahaan ke-20 tahun.

Pada pidatonya yang sangat terfokus pada masa depan, Escarrer lebih memaparkan kekuatan Melia Hotels International dan keunggulan kompetitif pada saat ini, dan mengakhirnya dengan penjelasan tentang prioritas strategis saat ini dan proses transformasi budaya yang memungkinkan perusahaan melihat 60 tahun ke depan yang sangat menjanjikan.

Kekuatan dan kepemimpinan masa kini Escarrer memulai dengan meninjau hasil di tahun 2015, tahun di mana perusahaan meninggalkan masa-masa krisis dan menuai hasil dari upaya-upaya serta strategi perusahaan yang sukses yakni pendapatan global meningkat sebesar 16 persen atau naik lebih dari 2,9 milyar Euro, dan peningkatan Ebitda sebesar 29 persen, dengan laba sebelum pajak sebesar 101,6 juta Euro dan dan laba bersih sebesar 40,5 juta Euro.

Di tahun 2015 perusahaan juga mencapai tujuannya dalam mengurangi hutang bersih, yang saat ini turun lebih dari 200 juta Euro.

Manajemen aset menghasilkan lebih dari 200 juta Euro dari penjualan hotel, sementara perusahaan tetap mempertahankan pengelolaan pada semua hotel yang telah dijual. Escarrer juga menekankan komitmen untuk renovasi dan reposisi melalui investasi senilai 78 juta Euro di tahun 2015, dengan hotel-hotel yang telah direposisi mencapai peningkatan rata-rata sebesar 30 persen pada rata-rata tarif kamar di tahun pertama setelah pembaruan hotel-hotel tersebut.

Berkenaan dengan kinerja saham selama tahun 2015, Escarrer menjelaskan bahwa harga saham Melia Hotels International naik sebesar 37 persen, di mana pada tahun itu IBEX (indeks pasar saham Spanyol) rata-rata anjlok sebesar 7 persen.

Ia juga menyatakan kepuasannya atas pelunasan awal dari obligasi konversi yang jatuh tempo di tahun 2018, di mana hampir semua pemegang obligasi mengajukan konversi menjadi saham, dengan perusahaan melakukan peningkatan modal sebesar 13,34 persen. Mengenai kinerja bisnis hotel, Escarrer membahas kenaikan sebesar 15,1 persen pada pendapatan per kamar yang tersedia (RevPAR) setelah pertumbuhan selama 23 kuartal berturut-turut, peningkatan penjualan sebesar 28 persen melalui website melia.com, dan lima juta anggota saat ini yang sudah terdaftar dengan program loyalitas MeliaReward.

Melia Hotels International selalu berfokus pada inovasi dan teknologi baru, dan saat ini perusahaan dianggap sebagai salah satu perusahaan terbaik dalam Transformasi Digital. Dari semua hal tersebut, Escarrer sangat antusias dalam membicarakan ekspansi perusahaan secara internasional, yang merupakan kekuatan dasar perusahaan, di mana pada tahun 2015 memungkinkan perusahaan untuk menambah 25 hotel baru, dan di tahun 2016 akan ada pembukaan lebih dari 24 hotel baru.

Keunggulan kompetitif bagi pendiri dan Chairman Melia Hotels International, perolehan dan posisi Melia Hotels International setelah 60 tahun pertamanya telah dicapai melalui keunggulan kompetitif seperti proses globalisasi awal perusahaan yang saat ini sudah sangat kuat; model bisnis yang sangat beragam (tidak hanya secara geografis, tetapi juga antar hotel yang dimiliki dan dikelola, city hotel atau resor hotel); portofolio yang luas untuk setiap segmen pasar yang berbeda-beda; model tata kelola perusahaan yang menggabungkan ketegasan dan transparansi perusahaan yang tercatat dengan nilai-nilai bisnis keluarga; nilai-nilai perusahaan, terutama inovasi yang berkelanjutan; tanggung jawab sosial perusahaan yang berpedoman pada keinginan untuk membangun sistem yang difokuskan untuk melindungi dan mendukung anak-anak, lingkungan, dan pariwisata berkelanjutan.

Keyakinan dalam menghadapi masa depan, dalam presentasinya, Escarrer membahas bagaimana perusahaan sedang mempersiapkan diri menuju masa depan, baik berkaitan dengan strategi maupun transformasi budaya yang diperlukan untuk menerapkannya. Menurut Escarrer, rencana Strategis Melia Hotels International yang baru berfokus pada peningkatan semua merek milik perusahaan, digitalisasi, pertumbuhan selektif di pasar-pasar utama, pengelolaan Sumber Daya Manusia, dan struktur organisasi yang efisien dan global, selalu memastikan kualitas dan nilai aset, dan model keuangan yang konsisten dan kuat ketika berhadapan dengan ancaman dan siklus bisnis.

Escarrer menutup rapat ini dengan menyatakan bahwa perusahaan telah siap sepenuhnya untuk mencapai pertumbuhan yang cepat dan strategis di seluruh dunia, memenuhi ekspektasi para pelanggan yang beragam, berubah-ubah, dan menghadapi tantangan dari lingkungan internasional yang bervariasi, semua berkat model bisnis yang tidak berdasarkan pada model industri padat modal tetapi berfokus pada keunggulan perusahaan sebagai pengelola hotel.

“Dalam 60 tahun ini kami telah berkembang dari sebuah perusahaan kecil menjadi grup multinasional dengan hampir 100.000 kamar yang tersebar di 43 negara, namun kami tidak pernah kehilangan semangat ataupun nilai kekeluargaan kami. Berkat nilai-nilai tersebut, serta tim yang kokoh dan bertalenta, kami mampu mencapai pertumbuhan yang bertanggungjawab dan berkelanjutan serta mempertahankan kepemimpinan global kami,” tutup Gabriel Escarrer Julia, pendiri dan Chairman Melia Hotels International.

Melia Hotels International didirikan pada tahun 1956 di Palma de Mallorca, Spanyol, Melia Hotels International merupakan salah satu perusahaan hotel terbesar di seluruh dunia serta pemimpin mutlak dalam pasar Spanyol, dengan lebih dari 370 hotel (portofolio dan jaringan saat ini) di lebih dari 43 negara dan 4 benua di bawah brand: Gran Melia, Melia Hotels & Resorts, Paradisus Resorts, ME by Melia, INNSIDE by Melia, Tryp by Wyndham dan Sol Hotels. Fokus strategis pada pertumbuhan internasional telah memungkinkan Melia Hotels International untuk menjadi perusahaan hotel Spanyol yang pertama dengan kehadirannya di pasar-pasar utama seperti Cina, Teluk Arab atau Amerika Serikat, serta mempertahankan kepemimpinannya di pasar asalnya seperti Eropa, Amerika Latin atau Karibia. Tingginya globalisasi, model bisnis yang beragam, rencana pertumbuhan yang konsisten didukung oleh aliansi strategis dengan investor besar dan komitmennya untuk pariwisata yang bertanggung jawab adalah kekuatan utama dari Melia Hotels International, menjadi pemimpin Spanyol Hotel di Corporate Reputation (Merco 2013). (tim)

Kategori : Keuangan, Tanggal Post : Tue, 28 Jun 2016 15:14:35 PM, Kontributor : TIM, Dibaca : 1398 Kali.
Tinggalkan Komentar :
Komentar yang masuk untuk berita ini [ 0 ]
Isi komentar anda :
Nama :
e-Mail :
Website : http:// (Opsional)
Komentar anda :
Maksimal 200 karakter
Kode Security :
Reload Image
Ulangi kode diatas