top
   
 
Kodim 1624/Flotim: Cetak Sawah 100 ha

Flotim-SI. Salah satu upaya percepatan dalam mendukung program swasembada pangan, Kodim 1624/Flotim bersama Dinas Pertanian dan Peternakan Kab. Flotim mendapatkan pagu cetak sawah dari Komando atas seluas 100 ha di Kab. Flotim, Nusa Tenggara Timur, demikian disampaikan Dandim 1624/Flotim Letkol Inf Dadi Rusyadi,SE, di Ruang Kerjanya Sabtu  (23/05), di Ma Kodim 1624/Flotim Larantuka.
 
Saat ini, dari 100 ha  cetak sawah di Kab. Flotim, yang terdapat dua lokasi yaitu di wilayah Koramil 1624-06/Boru dan Wilayah Koramil 1624-02/Adonara, telah selesai 60 %. Tahap Clearing ( tahap pembersihan) dan tahap land levelling (perataan tanah) telah selesei. Adapun saat ini sudah sampai pada tahap pembuatan pematang sawah.
 
Kita terus genjot penyelesaian cetak sawah ini,  sehingga selesai tepat waktu sesuai dengan alokasi waktu yang telah di tetapkan oleh Komando atas.
 
 
Kami pasang target Minggu II Agustus tahun ini tahap Pengolahan Lahan selesei dan sudah mulai tanam padi, jelas Dandim 1624/Flotim.
 
Lebih lanjut di katakan Dandim 1624/Flotim, Target tersebut adalah target yang realistis. Terlebih lagi dengan debet air yang sangat mencukupi di kedua lokasi cetak sawah baru tersebut.
 
Kita semua berharap, pada satu sisi kegiatan ini dapat berjalan sesuai dengan apa yang telah kami rencanakan dalam rangka mendukung progran swa sembada pangan, tetapi di sisi lain,  CPCL Cetak Sawah yang telah ada, Calon Petani sudah terdaftar dan Calon Lahan juga telah SID, yang sekarang masih dalam proses pengerjaan, dalam perjalanannya tidak ada hambatan yang berarti, sehingga Cetak Sawah ini bisa segera terwujud dan masa tanam dapat di mulai, harap Dandim 1624/Flotim.
 
Dalam kesempatan tersebut Dandim 1624/Flotim menambahkan bahwa saat ini Kodim 1624/Flotim dan Distannak Flotim telah menyiapkan benih padi lokal 500 kg, dan akan di semai secara bertahap, guna pelaksanaan tanam perdana pada pekan kedua Agustus bulan depan, seluas kurang lebih 10 ha. Kemudian dalam waktu yang tidak begitu lama, segera di susul 90 ha sawah baru berikutnya.
 
Disinilah peran Danramil dan Babinsa bersama UPTD serta PPL, sebagai ujung tombak di lapangan, untuk secara aktif terjun langsung bersama Pok Tani mendukung dan mensukseskan Swa sembada Pangan, tegas Dandim 1624/Flotim. (kodim 1624/flotim/tim)