top
   
 
Advokat Adalah Bagian Dari Penegak Hukum

Penulis :Erlan Yusran, SH. Ketua DPC PERADI Ruteng, Flores Nusa Tenggara Timur

Minggu-minggu terakhir bulan Juli 2016 ruang sidang pembaca Pos Kupang, Timor Express dan Viktory News dihidangkan dengan pemberitaan kasus dugaan pencabulan anak di bawah umur LIL (16 tahun) yang dilakukan oleh YW (50 tahun) (Pos Kupang, 12 Juli 2016). Sepintas berita ini sama dengan pemberitaan kasus sejenis yang masih menghiasi media di NTT.

Namun, setelah mengikuti perkembangan berita dimaksud lewat media cetak kasus ini menarik karena:

1). Terjadi dalam masa berlakunya Perppu No.1 tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, sering disebut Perppu Kebiri,

2). Terduga pelaku melapor balik perwakilan keluarga korban dengan tuduhan pemerasan (Viktori News, 14 Juli 2016, PK 14 Juli 2016, TE, 14 Juli 2016),

3). Dugaan pencabulan YW jadi eksploitasi seksual yang mengindikasikan tindak pidana lain yaitu Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) (Pos Kupang,  21 Juli 2016 dan Pos Kupang,  26 Juli 2016),

4). Terduga pemeras adalah oknum Pengacara (Pos Kupang, 22 Juli 2016),

5). Surat Kuasa Herry Battileo, cs tidak sah (Viktori News, 26 Juli 2016).

Terhadap dugaan pencabulan/persetubuhan anak di bawah umur yang mengarah pada tindak pidana perdagangan orang serta pemberlakuan Perppu No. 1 Tahun 2016 sedang dalam proses Penyidikan Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda NTT dimana YW akhirnya dinyatakan sebagai Tersangka (Pos Kupang, 26 Juli 2016).

Tentu kita semua berharap kasus ini dapat diusut tuntas, bisa jadi terbongkarnya kasus ini menjadi pintu masuk Penyidik untuk melihat lebih jauh ke dalam akan adanya dugaan tindak pidana perdagangan orang yang merupakan kejahatan kemanusiaan luar biasa. Siapapun pelakunya harus ditahan untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya secara hukum.

Tulisan ini mau mencermati 2 (dua) hal yaitu: adanya dugaan pemerasan yang dilakukan oknum Pengacara HB dan soal surat kuasa HB, cs tidak sah. Kedua topik ini saling berhubungan.

Berdasarkan data sekunder dari pemberitaan media keterlibatan oknum Pengacara HB karena diminta oleh korban bersama walinya yang mendatangi HB meminta bantuan pendampingan hukum (Pos Kupang,  22 Juli 2016). Sebelum mengulas lebih jauh, maka menjadi penting untuk diketahui apakah HB benar seorang Advokat? - sekarang tidak lagi menggunakan istilah Pengacara berdasarkan Undang-Undang No.18 Tahun 2003 tentang Advokat.

Dalam database Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) nama HB tercatat dibawah Nomor Induk Advokat 15.03934 yang mengangkat sumpah dihadapan Ketua Pengadilan Tinggi Kupang pada 26 April  2016 karena itu legalitas HB sebagai seorang Advokat adalah Sah (vide Pasal 2, 3 dan 4 UU No.18 Tahun 2003 tentang Advokat). 

Selanjutnya, apakah tindakan HB yang menerima permintaan dari korban dan walinya untuk membantu dan mendampingi korban melaporkan dugaan tindak pidana yang dialami korban yang diwujudkan dalam pemberian surat kuasa adalah sah? Untuk menjawab ini, perlu mendalami beberapa ketentuan dan fakta sebagai berikut:

  1. Tentang pemberian kuasa diatur secara khusus dalam KUH Perdata Buku Ketiga Tentang Perikatan Bab XVI, dalam pasal 1792 berbunyi: Pemberian kuasa adalah suatu persetujuan dengan mana seorang memberikan kekuasaan kepada seorang lain yang menerimanya untuk atas namanya menyelenggarakan suatu urusan.
  2. Pasal 1320 KUH Perdata: Untuk sahnya persetujuan-persetujuan diperlukan empat syarat Yaitu: Sepakat mereka yang mengikatkan dirinya ; Kecakapan untuk membuat suatu perikatan; Suatu Hal tertentu; dan Sesuatu Sebab yang Halal.
  3. Pasal 1330 KUH Perdata: Tak cakap untuk membuat persetujuan-persetujuan adalah: Orang-orang yang belum dewasa; Mereka yang ditaruh dibawah pengampuan; dan Orang-orang perempuan dalam hal-hal yang ditetapkan oleh undang-undang dan pada umumnya semua orang kepada siapa undang-undang telah melarang membuat persetujuan-persetujuan tertentu.
  4. Pasal 1 ayat (1) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor.  23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak: Anak adalah seseorang yang belum berusia 18 (delapan belas) tahun, termasuk anak yang masih dalam kandungan.
  5. Pasal 108 ayat (1) Undang-Undang No. 8 Tahun 1981 tentang Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana: Setiap orang yang mengalami, melihat, menyaksikan dan atau menjadi korban peristiwa yang merupakan tindak pidana berhak untuk mengajukan laporan atau pengaduan kepada penyelidik dan atau penyidik baik lisan maupun tertulis.
  6. Korban LIL adalah anak (16 tahun).
  7. Pemberi kuasa adalah Wali.

Dalam praktek sehari-hari khususnya dalam proses penanganan suatu perkara hukum (pidana, perdata, tata usaha Negara dll) pemberian kuasa adalah hal yang sudah lazim. Sebagai suatu perbuatan hukum, maka pemberian dan penerimaan kuasa harus memenuhi kaidah-kaidah hukum yang sudah menjadi norma hukum. Tentang Pemberian Kuasa sebagaimana diatur secara khusus dalam KUH Perdata Buku Ketiga Tentang

Perikatan Bab XVI sama sekali tidak menyebut apakah seorang pemberi kuasa harus sudah dewasa atau belum karena itu sesuai azas hukum Lex Generalis dimana pemberian kuasa diatur dalam KUH Perdata Buku Ketiga tentang Perikatan, maka pemberian kuasa harus dipandang sebagai persetujuan sebagaimana dimaksud Pasal 1320 KUH Perdata yang salah satu syaratnya adalah Kecakapan untuk membuat suatu perikatan. Bahwa menurut Pasal 1330 KUH Perdata orang yang belum dewasa dianggap tak cakap untuk membuat persetujuan.

Fakta yang tersirat dalam pemberitaan media Surat Kuasa yang dibuat oleh HB ditandatangani oleh Wali (bukan korban) karena itu bila merunut kembali kronologis lahirnya kuasa, maka pada saat kuasa dibuat ada korban, ada Wali serta HB sendiri selaku penerima kuasa dan yang menandatangani kuasa adalah Wali dan HB. Jika mengacu pada ketentuan pasal 1320 KUH Perdata, maka empat syarat sahnya persetujuan yaitu: Sepakat mereka yang mengikatkan dirinya (Wali dan HB sepakat membuat kuasa) ; Kecakapan untuk membuat suatu perikatan (Wali dan HB sudah dewasa dan tidak berada dibawah pengampuan) ; Suatu Hal tertentu (melaporkan dan memberikan pendampingan hukum) ; dan Sesuatu Sebab yang Halal (dugaan terjadinya tindak pidana) telah terpenuhi secara hukum.

Dugaan ketidakabsahan surat kuasa HB,cs (Viktori News, 26 Juli 2016) karena kuasa ditandatangani oleh Wali yang bukan ibu kandung ataupun dari wali korban yang sah. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat kata Wali memiliki pengertian yang beragam, diantaranya adalah: Orang yang menjadi penjamin dl pengurusan dan pengasuhan anak; pengertiannya tidak terletak pada hubungan kekeluargaan tetapi pada fungsinya. Berdasarkan pengertian tersebut, maka Wali bisa saja bukan ibu korban atau bahkan bukan keluarga korban. Namun, terlepas dari argumentasi yang ada patutlah diketahui bahwa sah tidaknya suatu perbuatan hukum hanya Hakim lah yang dapat memutuskannya dalam pemeriksaan di sidang pengadilan.

Menjadi lebih menarik secara substansial isi dari pemberian kuasa itu sendiri. Bahwa Wali yang bertindak untuk dan atas nama korban memberikan kuasa kepada HB untuk melapor dan memberikan pendampingan hukum kepada korban sesungguhnya hanyalah praktek hukum yang telah lazim berlaku dalam kehidupan masyarakat. Setiap ada persoalan hukum masyarakat atau pencari keadilan hampir selalu mencari bantuan hukum kepada Advokat. Dari sudut pandang kesadaran hukum masyarakat untuk membela kepentingan hukumnya perkembangan ini adalah baik dan sah-sah saja. Dalam suatu peristiwa tindak pidana Setiap orang yang mengalami, melihat, menyaksikan dan atau menjadi korban peristiwa yang merupakan tindak pidana berhak untuk mengajukan laporan atau pengaduan kepada penyelidik dan atau penyidik baik lisan maupun tertulis (vide Pasal 108 ayat (1) UU No. 8 Tahun 1981 tentang Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana). HB sebagai penerima kuasa bersama Korban telah melaporkan dan laporan korban sudah ditindaklanjuti oleh Penyidik dengan menetapkan YW sebagai Tersangka. Ini menandakan bahwa kuasa telah dilaksanakan sesuai maksud dan tujuan pembuatannya sehingga mempersoalkan keabsahan surat kuasa menjadi kehilangan makna. Secara ektrem dengan mengacu pada ketentuan Pasal 108 ayat (1) Undang-Undang No. 8 Tahun 1981 tentang Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana tanpa surat kuasa pun Korban berhak untuk mengajukan laporan atau pengaduan kepada penyelidik dan atau penyidik baik lisan maupun tertulis, dan pada kenyataannya korban melaporkan dan menanda tangani sendiri Surat Tanda Terima Laporan/Pengaduan nomor; STTL/B/188/VII/2016/SPKT, di Polda Nusa Tenggara Timur, dalam hal ini Advokat hanya mendampingi pelaporan korban.

Jika merunut pada alur logika hukum mempersoalkan keabsahan surat kuasa, maka semestinya laporan pidana dimaksud tidak dapat ditindaklanjuti, tetapi dalam kenyataannya Penyidik menindaklanjuti laporan tersebut dan menetapkan YW sebagai Tersangka sehingga soal sah tidaknya surat kuasa tidak lagi memiliki makna secara substansial.

Sebagai seorang Advokat yang juga berstatus sebagai Penegak Hukum–apa yang dilakukan oleh HB adalah sah dan masih dalam batas kewenangan profesinya sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (1) dan ayat (2) Undang-Undang No.18 Tahun 2003 tentang Advokat, yang berbunyi: (1). Advokat adalah orang yang berprofesi memberi jasa hukum, baik di dalam maupun di luar pengadilan yang memenuhi persyaratan berdasarkan ketentuan undang-undang ini, (2). Jasa Hukum adalah jasa yang diberikan Advokat berupa memberikan konsultasi hukum, bantuan hukum, menjalankan kuasa, mewakili, mendampingi, membela dan melakukan tindakan hukum lain untuk kepentingan hukum klien.

Terkait dugaan pemerasan yang dilakukan oleh HB. Perlu dicermati soal waktu. Kapan pembicaraan tentang uang terjadi antara korban dan Pelaku dan kapan HB menerima kuasa. Dari pemberitaan Pos Kupang, 22 Juli 2016 negosiasi tentang uang terjadi langsung antara korban dan Pelaku jauh sebelum korban meminta bantuan HB. Bahwa kemudian jika pembicaraan tersebut berlanjut setelah HB menerima kuasa yang mengindikasikan adanya dugaan pemerasan, maka ini menjadi tugas Penyidik untuk menindaklanjuti sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. YW sebagai pelapor harus bisa membuktikan tuduhan pemerasan ini karena jika ini hanya bentuk perlawanan atau ketidakpuasan YW terhadap HB yang telah mendampingi korban melporkan perbuatan pelaku ke pihak penegag hukum (POLDA NTT), maka tentu persoalan ini akan bergulir ke babak baru laporan pencemaran nama baik dan perbuatan tidak menyenangkan.

Sebagai pengurus Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI), Penulis berkewajiban secara organisatoris menyampaikan adanya Hak Imunitas seorang Advokat dalam menjalankan tugas profesinya. Seperti halnya profesi-profesi lain, profesi Advokat juga memiliki mekanisme internal untuk menilai terlebih dahulu apakah seseorang itu  telah menjalankan fungsinya sebagai Advokat atau justru menyalahgunakan profesinya. Setelah itu selesai, barulah bisa diidentifikasi apakah terjadi penyimpangan atau tidak. Bila sudah terbukti bersalah barulah bisa diproses menurut mekanisme hukum yang berlaku secara umum. Hal ini merupakan standar yang berlaku juga di semua profesi lain yang telah memiliki Undang-Undang dan Kode Etik Profesi. Proses hukum internal ini perlu diketahui semua pihak karena merupakan bagian integral dari amanat Undang-Undang Advokat dan Kode Etik Advokat Indonesia. Ada mekanisme yang harus dipahami sehingga tidak sampai terjadi salah dalam menegakkan hukum. Yang perlu ditekankan disini adalah seseorang yang berprofesi sebagai Advokat saat menjalankan tugas profesinya saja yang tunduk pada mekanisme ini. Hal ini tidak berlaku untuk Advokat yang melakukan tindak pidana ketika sedang tidak menjalankan tugas profesinya, misalnya terlibat Narkoba, dll. Sebab esensi Hak Imunitas adalah melindungi profesi bukan orang. Jadi orang itu baru terlindungi dan berlaku Hak Imunitas ketika ia sedang menjalankan tugas profesinya.

Bahwa dugaan adanya pemerasan yang dilakukan oleh HB adalah ketika menjalankan profesinya sebagai Advokat sehingga berdasarkan Hak Imunitas yang diatur dalam Undang-Undang No.18 Tahun 2003 tentang Advokat dan Kode Etik Advokat Indonesia dugaan tersebut harus diperiksa terlebih dahulu di Dewan Kehormatan Advokat. Parameternya jelas, adalah bila memenuhi ketentuan Pasal 1 ayat (1) dan ayat  (2) Undang-Undang Advokat yaitu Advokat adalah orang yang berprofesi memberi jasa hukum, baik di dalam maupun di luar pengadilan yang memenuhi persyaratan berdasarkan ketentuan Undang-undang ini dan Jasa hukum adalah jasa yang diberikan Advokat berupa memberikan konsultasi hukum, bantuan hukum, menjalankan kuasa, mewakili, mendampingi, membela dan melakukan tindakan hukum lain untuk kepentingan hukum klien.

Jangan ada lagi upaya pemaksaan kehendak bagi pihak manapun dengan menggunakan tangan kekuasaan untuk memaksakan Advokat menanggung resiko hukum sebagai Tersangka atau digugat hanya karena membela kliennya. 

Kategori : Opini, Tanggal Post : Sat, 06 Aug 2016 18:11:51 PM, Kontributor : TIM, Dibaca : 51825 Kali.
Tinggalkan Komentar :
Komentar yang masuk untuk berita ini [ 11757 ]
  • Mocerymn, Thu,30 apr 2020 19:57:59 pm
    Cialis England [url=https://viacialisns.com/#]Cialis[/url] Priligy Bestellen Rezeptfrei brand name cialis online Tab generic isotretinoin website cod accepted
  • Juliane, Wed,18 dec 2019 02:20:06 am
    I delight in, result in I discovered just what I was looking for. You've ended my four day long hunt! God Bless you man. Have a nice day. Bye
  • B9a4p5h0, Sun,09 dec 2018 23:05:30 pm
    how is gabapentin killing people - snorting gabapentin gabapentin for sciatica, [url=https://gabapentin.ooo/]gabapentin without a doctors prescription[/url] https://gabapentin.ooo/
  • I8m8x3x8, Sun,09 dec 2018 23:00:42 pm
    warnings for escitalopram, cheap escitalopram what is escitalopram used for - [url=https://escitalopram.ooo/]escitalopram side effects in men[/url] https://escitalopram.ooo/
  • U6z0h6o8, Sun,09 dec 2018 22:59:36 pm
    side effects of prozac, side effects of prozac in women generic for prozac, [url=https://prozac.ooo/]does prozac cause weight gain[/url] https://prozac.ooo/
  • I1z2x5i3, Sun,09 dec 2018 22:14:33 pm
    escitalopram coupon, buy escitalopram escitalopram 5 mg side effects, [url=https://escitalopram.ooo/]escitalopram 10 mg for anxiety[/url] https://escitalopram.ooo/
  • M9m8q3g3, Sun,09 dec 2018 22:06:01 pm
    is lisinopril bad for you, angioedema lisinopril buy cheap lisinopril, [url=https://lisoprinopril.ooo/]hydrochlorothiazide lisinopril[/url] https://lisoprinopril.ooo/
  • C5m7j3j6, Sun,09 dec 2018 22:03:10 pm
    gabapentin for nerve pain - warnings for gabapentin gabapentin dosing, [url=https://gabapentin.ooo/]gabapentin used for[/url] https://gabapentin.ooo/
  • K1x0x6j4, Sun,09 dec 2018 21:26:20 pm
    escitalopram pronunciation - online escitalopram side effects of escitalopram - [url=https://escitalopram.ooo/]escitalopram 5 mg side effects[/url] https://escitalopram.ooo/
  • K2w1p8a2, Sun,09 dec 2018 21:14:28 pm
    gabapentin drug class, how does gabapentin work gabapentin side effects - [url=https://gabapentin.ooo/]gabapentin addiction[/url] https://gabapentin.ooo/
  • S9v2g0u9, Sun,09 dec 2018 20:24:52 pm
    buy prozac - prozac generic prozac withdrawal symptoms - [url=https://prozac.ooo/]prozac for dogs[/url] https://prozac.ooo/
  • F8w1z4b4, Sun,09 dec 2018 19:38:38 pm
    gabapentin for pain - how to stop gabapentin safely gabapentin schedule class, [url=https://gabapentin.ooo/]lyrica vs gabapentin[/url] https://gabapentin.ooo/
  • E6k7v8s0, Sun,09 dec 2018 19:38:29 pm
    prozac nation, prozac 10mg my experience prozac generic name - [url=https://prozac.ooo/]cheap prozac[/url] https://prozac.ooo/
  • C3i2j4o2, Sun,09 dec 2018 19:04:25 pm
    citalopram vs escitalopram - escitalopram dosage chart buy cheap escitalopram, [url=https://escitalopram.ooo/]escitalopram vs citalopram[/url] https://escitalopram.ooo/
  • W1d8q4t0, Sun,09 dec 2018 18:14:21 pm
    escitalopram 5mg - what is escitalopram used for warnings for escitalopram, [url=https://escitalopram.ooo/]escitalopram without a doctors prescription[/url] https://escitalopram.ooo/
  • T0y8p7p0, Sun,09 dec 2018 17:59:01 pm
    gabapentin 100mg capsules, gabapentin 100mg capsules information is gabapentin addictive - [url=https://gabapentin.ooo/]gabapentin for anxiety[/url] https://gabapentin.ooo/
  • M4q9f5i5, Sun,09 dec 2018 17:54:00 pm
    hydrochlorothiazide lisinopril - side effects of lisinopril 10 mg lisinopril ingredients, [url=https://lisoprinopril.ooo/]lisinopril medication[/url] https://lisoprinopril.ooo/
  • H0l7z9y8, Sun,09 dec 2018 17:49:27 pm
    what is prozac used for, online prozac side effects for prozac - [url=https://prozac.ooo/]interactions for prozac[/url] https://prozac.ooo/
  • L5c9b7w2, Sun,09 dec 2018 17:22:30 pm
    escitalopram oxalate 10mg - escitalopram without prescription what is escitalopram used for, [url=https://escitalopram.ooo/]escitalopram 10 mg[/url] https://escitalopram.ooo/
  • W9b0l5t7, Sun,09 dec 2018 17:07:20 pm
    gabapentin fda warning - gabapentin 100mg gabapentin withdrawal symptoms, [url=https://gabapentin.ooo/]gabapentin generic[/url] https://gabapentin.ooo/
Isi komentar anda :
Nama :
e-Mail :
Website : http:// (Opsional)
Komentar anda :
Maksimal 200 karakter
Kode Security :
Reload Image
Ulangi kode diatas